Mampir ke Pantai Soge Pacitan, tinggal berhenti di pinggir jalan.


Sumber foto : https://ksmtour.com/

Sebelum musim penghujan tiba, saya mau cerita tentang wisata pantai di Pacitan. Kalian pasti tahu, wisata pantai disana itu tak kalah menarik seperti yang ada di Bali, maupun Gunungkidul, Jogjakarta.

Kali ini saya mau cerita tentang Pantai Soge, Pantai Soge merupakan kawasan pantai yang berada di tepi Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa tepatnya di wilayah kabupaten Pacitan.

Pengguna jalan yang pernah melintasi jalur ini pasti sudah mengenal dan hafal kawasan pantai ini. Pantai yang landai dan berpasir putih ini cukup memberikan daya tarik bagi siapa saja yang melihat pemandangannya. Tidak sedikit wisatawan atau penggunakan jalan menghentikan kendaraannya untuk mengabadikan pemandangan Pantai Soge.

Pantai Soge terletak di desa Sidomulyo, kecamatan Ngadirojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Lokasi Pantai Soge barada di sebelah timur dari pusat kota Pacitan. Rute menuju pantai ini dari pusat kota Pacitan ke arah timur melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Ikuti jalan tersebut hingga melewati kecamatan Tulakan dan menuju kecamatan Ngadirojo.

Letak pantai ini sejalur dengan Pantai Taman dan Pantai Tawang Pacitan. Hal yang menarik Sebelum memasuki kawasan Pantai Soge adalah pengunjung akan melewati jalan raya yang membelah kawasan perbukitan kapur.

Perbukitan kapur tersebut dibelah dan dipangkas agar dapat dilalui kendaraan. Setelah melewati kawasan perbukitan kapur, pemandangan pantai tersebut mulai terlihat jelas dari tengah jalan dan tidak terhalang apapun.

Pengunjung dapat menuju ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan tujuan Pacitan-Trenggalek.

Pantai Soge Pacitan memiliki ciri khas utama sebagai pantai landai yang berpasir putih. Hamparan pasir pantai memanjang dari sisi barat pantai hingga muara Sungai Soge dan Jembatan Soge di sisi timur.

Garis pantainya cukup panjang dan memiliki kemiripan dengan Pantai Taman yang ada disebelah timurnya. Beberapa jenis tanaman liar tumbuh subur di tepi pantai.

Danau kecil yang terbentuk di sisi timur Pantai Soge Pacitan menambah daya tarik pantai tersebut. Pemandangan danau ini dari tepi jalan sedikit terhalang oleh rerimbunan pohon kelapa yang tumbuh lepat di tepi pantai.

Pemandangan Pantai Soge Pacitan memang menarik dan tidak kalah dengan wisata pantai berpasir putih yang landai seperti Pantai Teleng Ria dan Pantai Pancer Pacitan.

Hanya saja sebagian besar pengunjung lebih memilih menikmati pemandangan pantai ini dari tepi Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa dan tidak memasuki kawasan wisata pantai tersebut.

Rata-rata mereka hanya berhenti sebentar untuk berfoto dan menikmati pemandangan sejenak kemudian meneruskan perjalanan. Kalian akan begitu juga kan? Ayo mampir kesini.


Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes