Wujudkan Liburan terbaikmu bersama SunLife Financial Indonesia



Minggu 28 Agustus tepat jam 6 pagi saya terbangun dari mimpi indah saya yang sedang berlibur di Maldives The Sunny Side Of Life, tempat liburan yang selama ini saya cita-citakan. hihihi. Saya terbangun saat itu, karena saya semalam mendapatkan sms dari teman saya, bahwa saya diundang ke sebuah acara bersama Blogger Semarang. Saya sangat bersemangat ingin mengikuti acara itu, acara itu diadakan oleh SunLife Financial Indonesia dengan tema untuk meningkatkan Literasi Keuangan untuk para Blogger di Semarang. Menurut saya Seminar ini sangat bermanfaat, kenapa begitu? Karena seminar ini menyangkut tentang kehidupan masyarakat mendatang.

Nah, Semua orang pasti mempunyai tujuan hidup kan? Tujuan hidup manusia itu harus juga diimbangi dengan dana yang harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum kita bisa menikmatinya. Misalkan kita punya rencana beli rumah, beli mobil, terus mau nikah, kemudian setelah nikah punya anak, anak kita perlu sekolah dan bahkan saat holiday anak kita pengen liburan. Semua itu butuh dana yang harus disiapkan dari sekarang, maka dari itu seminar ini sangat penting terutama bagi saya dan bagi masyarakat mendatang pada umumnya.

Kok liburan juga masuk ke tujuan hidup dan dananya harus disiapin jauh-jauh hari sih? Hellow, saya biasanya liburan juga gak pake rencana tuh, walaupun uang nya kadang kurang, tapi kita tetep happy-happy aja, Hehehe Pernah sih ada rencana mau liburan, tapi liburan sama pacar itupun karena budget yang mepet dan takut kalau ngecewain pacar dan gak bisa ajak kesana-kesini. Hihihi Tapi menurut saya kenapa liburan harus disiapin jauh-jauh hari?  Karena tujuan nya biar lebih hemat dan tempat yang akan kita kunjungi lebih sesuai rencana.
 
Kembali ke acara seminar, Acara dimulai jam setengah 1 siang dan di undangan  kita dianjurkan untuk datang lebih awal karena akan ada jamuan makan siang terlebih dahulu. Karena saya sampai ditempat dan acara sudah dimulai, Saya langsung ke ruangan registrasi yang dijaga oleh mbak cantik yang juga mengarahkan kita masuk ke ruangan seminar, yah batal deh mau makan di hotel, huhu.
  
Acara seminar ini sebenarnya dilaksanakan di Mall Ciputra Semarang karena ada suatu hal maka seminar di pindah ke Meeting Room Papandayan Horison Hotel Lantai 4 Simpang Lima Semarang, tepatnya disamping CIputra Mall Semarang. Gak masalah kok walaupun tempatnya berubah, yang penting bisa menerima apa yang disampaikan saat seminar. By The Way Semarang  merupakan kota yang  dikunjungi SunLife Financial Indonesia ke-empat setelah  Makassar, Surabaya dan Bandung.
 
Diruangan seminar pun sudah banyak Blogger yang datang, saya langsung bergabung ke salah satu meja bundar disana. Ternyata MC nya sudah membuka acara dan saya datang saat MC memperkenalkan diri, Dia juga memberikan pertanyaan kepada para blogger, menanyakan asal blogger dan apa nama blog nya. Sekarang giliran Om Ahmad Emir Farabi Sebagai Senior Manager Digital & Social Media Marketing-nya Sunlife Financial Indonesia memperkenalkan sebuah situs namanya brightadvisor.co.id Om yang sering disapa Pak Fabbi ini kemudian menjelaskan apa tujuan dan bagaimana cara kerja situs ini.


brightadvisor.co.id ini seperti tempat untuk konsultasi perencanaan keuangan bagi kita yang sedang mendapatkan kesulitan untuk mengatasi masalah keuangan. Hebat yah?  Sebentar.. coba kalian bayangin kalau mau konsultasi masalah keuangan pada jasa-jasa asuransi, pastinya harus bayarkan? Tapi sebaliknya, Situs ini gratis..tis.. hihihi mau bertanya berapa pertanyaan pun pasti dijawab deh sama admin nya, Gratis pula!

Setelah Om Fabbi menjelaskan Situs brightadvisor.co.id yang keren itu, sekarang giliran mbak Dona Imelda selaku lecture,travel writer, & co-founder Indonesian corners yang akan memberikan soal Perencanaan dan Mengatur keuangan sebelum liburan. Ada beberapa point yang saya catat pada saat itu, tetapi akan saya sebutkan beberapa saja, mengingat tulisan di presentasi mbak Dona banyak dan lengkap sekali. Ada beberapa hal yang harus direncanakan sebelum liburan,seperti kemana tujuan kita saat liburan?, kapan liburan akan dilaksanakan?, transportasi apa saja yang akan dipakai ditempat tujuan?, biaya tak terduga dan masih banyak lagi, yang tak kalah ketinggalan dan sangat penting adalah Asuransi Perjalanan.


Kenapa asuransi perjalanan sangat penting? Terutama untuk liburan, kita perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan liburan. Ada banyak sekali resiko dalam melakukan liburan, kita ambil salah satu saja resiko terbesar saat liburan. Contohnya ketika kita sudah menetapkan hari dan tanggal berangkat dan kita sudah membayar uang muka pemesanan hotel, ternyata ada berita duka dari sanak saudara yang sedang mengalami kecelakaan. Kita diharuskan untuk bisa datang ke rumah saudara kita, tetapi apakah hotel yang sudah kita bayar uang muka pemesanan nya kita tinggal begitu saja dan uang mukanya yang tidak sedikit itu? Jelas sangat merugikan kita sendiri kan? Maka dari itu, Asuransi perjalanan sangat penting untuk kita rencanakan.


Setelah mbak dona menjelaskan apa saja yang harus direncanakan sebelum liburan, sekarang mbak Muna Sunkar selaku travel blogger yang gemar sekali travelling dan tidak melupakan perencanaan sebelum liburan. Beliau akan memberikan tips traveling bagi kita saat bersama keluarga maupun solo travelling.  Ada banyak sekali tips dari mbak Muna, tips yang paling saya ingat adalah Planing,Budgeting,Browsing tiket, menyusun Itinerary, Packing, dan yang terakhir Time To Go. dari kesimpulan yang saya dapat yaitu disitu saya bisa merencanakan dengan matang bagaimana liburan kita menjadi hemat, sesuai rencana, nyaman dan sangat mengasikkan.

Sekarang saat nya sesi tanya jawab, pertanyaan pertama salah satu blogger yang menanyakan waktu ideal untuk menulis  artikel setelah liburan, mbak Dona menjawab pertanyaan pertama, bahwa idealnya secepat mungkin dan lebih cepat lebih baik. Pertanyaan kedua ditujukan kepada Om fabbi tentang tips menabung uang buat blogger, kemudian ia menjawab sesuaikan kebutuhan personal dan budget, pertanyaan itu juga dijawab oleh mbak Muna bahwa liburan bisa dibuat secara sederhana. Pertanyaan terakhir adalah bagaimana tips mendapatkan sponsor, kemudian mbak Dona menjelaskan bahwa melakukan yang terbaik seperti menulis artikel dengan baik. Dengan tulisan yang baik maka orang-orang akan membaca dan blog kita akan terkenal.

Dengan adanya talkshow ini, saya mendapat banyak sekali ilmu serta pengalaman tentang liburan dan asuransi perjalanan. Saya siap mewujudkan liburan terbaik saya! :D


Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes