Umbul Sidomukti, Sejuknya Sampai Umbul-Umbul


Jalan-jalan berlanjut ke, Sidomukti!

Tidak hanya wisata kota dan wisata alam, tantangannya pun saya kebagian. Kali ini saya berkesempatan untuk mengunjungi wisata alam pegunungan Semarang Umbul Sidomukti yang berlokasi di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Untuk sampai di lokasi ini saya harus beberapa kali pindah angkutan umum. Dari informasi yang saya dapat ada beberapa kendaraan dan jalur alternative menuju Umbul Sidomukti, dan inilah jalur hemat yang saya tempuh: mulai dari jalan Dr. Cipto saya naik angkutan warna merah sampai terminal Sukun (Rp 5.000), dari Sukun banyak bus-bus besar yang akan mengantar anda jika ingin lanjut ke Yogyakarta, Salatiga, atau Solo. Namun bus yang saya tunggu adalah bus berukuran sedang warna hijau menuju Bandungan, sayangnya bus yang saya tumpangi waktu itu hanya mengantar sampai Ungaran karena supirnya ada janji untuk menjemput rombongan wisatawan. Ongkos Rp 4.000 berhasil membawa saya sampai Ungaran, kalau anda ingin bawa pulang oleh-oleh tahu bakso di sinilah tempatnya. Anda akan menemukan banyak toko penjual tahu bakso termasuk tahu bakso Bu Pudji yang terkenal di Semarang.

Lanjutkan perjalanan, dari Ungaran saya naik angkutan umum warna hijau yang biasa penduduk sekitar sebut sebagai motor hijau (saya pikir motor beneran hehe…). Dari Ungaran sampai Bandungan anda harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000, sampai Bandungan anda harus naik ojek seharga Rp 25.000. Karena saya berdua dengan kakak waktu itu, kebetulan si supir menawarkan untuk mengantar sampai atas alias sampai di depan Umbul Sidomukti atau daerah Mawar Camp dengan total harga Rp 50.000. Setelah dipikir-pikir kami setuju, dan sampailah kami di Umbul Sidomukti. Bapak supirpun meninggalkan nomor telepon kalau-kalau kami mau dijemput lagi sampai kota nanti, tapi dijemput jam 6 sore.

Mawar Camp
Ya kami simpan saja nomornya, hitung-hitung sebagai kenalan nanti kalau kami ke sini lagi. Perjalanan menuju lokasi wisata yang sangat menawan ini banyak menanjak dan berkelok-kelok, tidak ada angkutan yang melewatinya, jadi pilihannya hanya naik ojek atau menumpang truk terbuka yang mau naik ke atas.
Sampai di atas pemandangan yang di suguhkan sangat indah, sungguh indah. Udaranya sejuk, sejauh mata memandang anda akan melihat hijaunya pegunungan dan lembah. Di wisata alam ini kita bisa menikmati permainan outbound yang sangat murah untuk dewasa maupun anak-anak mulai dari Flying Fox, Marine Bridge, ATV, dan kolam renang tingkat di tepi jurang (tenang saja tidak bahaya kok). Umbul Sidomukti juga dilengkapi dengan fasilitas villa jika anda ingin menginap bersama keluarga, gathering kantor, acara komunitas atau sekedar berlibur dengan teman-teman sejawat. Mengingat susah payah perjalanan yang saya lalui, sayapun mencoba permainan Flying Fox Lembah seharga Rp 12.000 dan Marine Bridge Rp 18.000. Harga tiket masuk wisatanya sendiri adalah Rp 9.000/kepala gratis berenang dan menikmati megahnya alam pegunungan Semarang. Dijamin anda tidak akan menyesal melalui perjalan jauh menuju tempat ini, sesampainya di sini anda akan berpikir “it’s really worth”. Bagi anda penyuka tantangan, jangan ragu untuk mencoba Flying Fox lembah dilanjutkan dengan Flying Fox terusan lalu kembali ke lokasi kolam renang dengan naik Marine Bridge. Wow! Dijamin seru. Bagi anak-anak ada Flying Fox Speed yang juga tidak kalah serunya dan pasti menambah keceriaan liburan keluarga.

Kolam renang Umbul sidomukti
Setelah semua permainan anda coba, menikmati sejuknya udara pegunungan sambil berenang di kolam renang tingkat adalah pilihan tepat. Konon katanya kalau berenang di air gunung Ungaran ini bisa awet muda, jadi sayapun tanpa ragu mencobanya. Airnya sangat dingin, namun lengkap karena udara di sana sejuk dan hangatnya mataharipun melengkapi suasana santai dan nyaman berenang di kolam renang Umbul Sidomukti.
Capek berenang saatnya mengisi perut dengan makanan lezat. Masih di lokasi Umbul Sidomukti, jika anda naik ke atas lagi berjarak sekitar 1 Km anda akan sampai di tempat makan Pondok Kopi. Di sini anda tidak hanya akan menikmati makanan lezat, minuman yang segar, alunan musik era 80-90an tapi juga pemandangan pegunungan yang luas, hijau nan menakjubkan. Bicara soal menu yang saya pesan waktu itu adalah Paket Ayam Kremesan (lengkap nasi dan sambal) Rp 28.000 sedangkan kakak saya memesan Paket Sop Iga (iga 4 buah, lengkap nasi dan sambal) Rp 35.000. Makanannya nikmat, bumbu dan penyajianya sangat pas.
Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes